LENTIK - Menguatkan Keterampilan Literasi, Membaca Pemahaman Peserta Didik


Literasi Digital Memotivasi Peningkatan Keterampilan Literasi Peserta Didik 




Dalam era digital yang serba cepat ini, kemampuan literasi membaca pemahaman menjadi semakin krusial. Peserta didik kelas 4 membutuhkan keterampilan yang kuat untuk menyaring informasi dari berbagai sumber digital, menganalisisnya secara kritis, dan memahaminya dengan baik. Dengan memanfaatkan media pembelajaran digital, seperti video edukatif, e-book interaktif, dan platform pembelajaran online, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan efektif. Media-media ini tidak hanya menyajikan teks bacaan, tetapi juga dilengkapi dengan visual, audio, dan interaksi yang merangsang minat baca dan meningkatkan pemahaman peserta didik.

Implementasi media digital dalam pembelajaran literasi membaca dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, guru dapat menggunakan video animasi untuk menjelaskan konsep sulit dalam teks bacaan, atau menyediakan e-book interaktif yang memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi langsung dengan teks. Selain itu, platform pembelajaran online juga menawarkan beragam fitur yang mendukung pengembangan keterampilan literasi, seperti kuis interaktif, diskusi online, dan tugas-tugas yang menuntut peserta didik untuk menganalisis dan mengevaluasi informasi. Dengan demikian, peserta didik tidak hanya sekadar membaca, tetapi juga belajar untuk berpikir kritis, berkomunikasi, dan berkolaborasi.