Abad ini menjadi tantangan bagi guru atas adab anak di era digital
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam dan bahagia,
Saya Putri DF. guru SDN Gladak Anyar 2 Pamekasan, Jawa Timur.
Pada video ini, akan memberikan inspirasi dari praktik baik pembelajaran Pendidikan Pancasila fase B kelas 4 dalam Kurikulum Merdeka dengan memanfaatkan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi yang efektif, interaktif dan kolaboratif.
Tahun ajaran baru, Saya awali dengan melakukan asesmen awal kognitif dan non kognitif. Asesmen awal kognitif sebagai pemetaan awal literasi dan numerasi, saya lakukan melalui AKM kelas pada fitur Asesmen murid di Platform Merdeka Mengajar.
Asesmen awal non kognitif saya lakukan dengan wawancara, observasi, dan pengisian Google Form untuk mendapatkan informasi bakat, minat, dan profil belajar murid saya.
Kegiatan Asesmen awal kognitif dan non kognitif ini saya mengoptimalkan aset yang ada di sekolah, seperti; chromebook, proyektor, speaker, dan jaringan internet, serta akun belajar.id masing-masing murid.
Hasil pemetaan asesmen awal, menjadi daya dukung saya untuk merancang strategi pembelajaran yang tepat dan relevan dengan karakteristik murid saya.
Tujuan pembelajaran pada praktik baik ini, murid mampu mengidentifikasi dan memahami Aturan di sekolah, di rumah dan di lingkungan masyarakat, melalui pendekatan Problem Based Learning untuk menuntun murid agar lebih siap menghadapi tantangan di dunia nyata. Setelah adaptasi Modul ajar melalui Platform Merdeka Mengajar.
Proses pembelajaran saya awali dengan apersepsi dan pertanyaan pemantik terkait aturan yang sudah dilakukan murid sebelum berangkat ke sekolah..
Saya lanjutkan dengan brainstorming dalam menyampaikan konsep Aturan tertulis dan norma dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan menggunakan presentasi Quizizz…
Dilanjutkan dengan eksplorasi dan mengumpulkan informasi terkait aturan yang tertulis dan norma secara mandiri di lingkungan sekitar dengan menggunakan google street view, yang dapat menjadikan murid lebih aktif dan terlibat langsung dalam pembelajaran.
Ragam aturan tertulis dan norma yang mereka temukan melalui google street view, dituliskan dalam bukunya dan dilanjutkan dengan presentasi mandiri di depan kelas sebagai bahan evaluasi dan merefleksikan hasil penyidikan mereka..
Saya lanjutkan dengan mengelompokkan murid dengan temuan norma yang sama untuk merencanakan dan menyiapkan karya dalam bentuk poster menggunakan canva for education. Dalam proses ini, murid aktif bekerja sama dan berdiskusi di dalam kelompok masing-masing untuk menentukan norma apa yang paling penting untuk selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Proyek kolaboratif pembuatan poster ini dilanjutkan dengan mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas. Kegiatan ini juga sebagai cara saya dalam mengumpulkan ketercapaian tujuan pembelajaran kepada setiap individu murid saya.
Pada akhir pembelajaran, murid melakukan refleksi terbuka secara bergantian dan menuliskan pengalaman dan hasil belajarnya…
Pemanfaatan TIK yang sesuai kebutuhan dan terbimbing, sangat membantu murid dan guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.