SALAM PRAMUKA!!
Hari pramuka menjadi titik tolak saya untuk memperkenalkan Edugame di Portal Rumah Belajar, karena disana terdapat sebuah game edukasi kepramukaan. Pada saat kemah Perjusami, dalam rangka memperingati hari pramuka sedunia, siswa diajak bermain tentang sandi, lambang kepramukaan dan semaphore, mayoritas siswa lupa bahkan tidak tahu tentang materi tersebut. Hal itu mungkin juga disebabkan karena vakumnya kegiatan kepramukaan sejak pandemi covid-19 dua tahun lalu.
Hari Sabtu berikutnya, ketika saya memperkenalkan edugame "mamat adventure" respon mereka luar biasa. Semua fokus pada chromebook masing-masing. Mereka mempelajari materi kepramukaan terlebih dahulu baru masuk pada permainannya. Hasil pembelajaran pada hari itu sungguh menyenangkan, siswa menjadi tahu lambang kepramukaan secara kontekstual. Mereka mencocokkan lambang di baju mereka masing-masing dengan lambang yang mereka lihat di game. Sehigga mereka lebih mudah mengingat masing-masing lambang pramuka.